Pasar Romadhon Benhil (1)

Courtesy KoranJakarta.Com

Menarik! Itu yang muncul di benak saya, kala melihat tulisan di blog tetangga/warga saya Bang Wiskul. Tulisannya tentang wisata kuliner ke Pasar Ramadhan Benhil, tulisan pertama dari 2 tulisan. Seperti ini:

Kali ini si abang ‘ganteng’ wiskul hunting pasar romadhon di pasar bendungan hilir atawa biase disingkat benhil. Berlokasi di depan Pasar Bendungan Hilir, Jakarta Pusat. Langsung aja yee, menu andalan di pasar ramadhan ini terdiri dari macem” masakan en makanan. Kalau di

Minang food

prosentase, emang 70% masakan minang ajah tuh. Masakan minang itu ada Masakan Padang Bopet Mini, Masakan Padang Lubuk Arai, Lamang Tapai Uni Upik, Ketupat Ketan dan Kue Padang Uni Ema, Masakan Padang Sinar Surya, Masakan Padang Ajo, Ikan dan Cumi Bakar ala Padang, Buffet Uda Uni Lintau, Ikan Bakar Lubuk Batung, Bupet Ibu Tya, Bubur Kampiun Lemang Tapai Uni Iyet, Bubur Kampiun One Emy, RM Sederhana, RM Family, RM Ajo, Ikan Bilih Maninjau, RM Sialaigo, Lamang Tapai Uni Nur, Ketan Sarikaya Uni Nelli.

bopet mini gule kepala ikan

Uuuiih… cukup kumplit nech si abang sayang… bang wiskul ngasih laporan pandangan mata. Itu juga abis doi tau ada tempat buat markir bajajnye.
Masakan laennye, ada Bebek Goreng Surabaya, Pempek Sultan Rawamangun, Pecel Pincuk dan Bakmi Goreng, Ayam dan Ikan Bakar ala Sunda, Es Cocktail Ida Leman, Gudeg dan Buntil, Tempe Mendoan, Somay Bandung,
Sebenernye bang wiskul janjian ame temen sesama driver bajaj kesini. Tadinye mas karno, bang jali en kang deden nyang merupakan kelompok driver bajaj kolega bang wiskul mau ikutan ngubek bareng

buntil

Pasar Ramadhan Benhil, tapi akhirnye cuman mas karno nyang bisa. Kang deden masih narik bajaj nganter customer en bang jali mendadak ‘dangdut’ sakit perut katanye.
Udah deh ketemuan ame mas karno di depan Warkop Cap Putri Duyung. Sempat ngeliat meja counter di salah satu lapak nyang ngejual Lalampa, Panada en Balapis ala Manado, slrrrpp… puase” bikin ngechess ajeh.
Dari situ langsung ke pasar ngelewatin gang kecil nyang ada cabang pertama RM Sederhana (BYKS), menuju pasar kaget di bagian depan Pasar Benhil.

pempek sulthan 1

Rencane sech ame mas karno pengennye ngebeli takjilan dan snack ala kadarnya ajah. Secara di rumah tadi bokin ane udah bilang hari ini mau masak Sayur Lodeh dan baceman ayam, tahu tempe. Ternyata, abis liat sana sini, pandangan kekonci ame satu gerai nyang ngejajain pempek, namanye Pempek Sultan Rawamangun. Ada pempek lenjer gede en kecil, selam besar en kecil, kulit en adaan. Ini pempek kalo abis digoreng trus diiris…hmm, kerasa juaranye. Kagak terlalu kenyal, berasa gurih ikannye. Tepungnye kagak terlalu tebel berlebihan tapi berkualitas.

pempek sulthan 2

Begitu juga doi punya cuka, kentel en pekat tapi kagak bikin eneg, rasenye asem manis nyang pas nendangnye. Dari cuko berkualitas sech.
Mata puasa nan laper berhenti lagi di lapak aneka makanan sundaan, ada Nasi Bakar isi teri en daging. Disini lauk pauknya seru”, ada sayur terong ijo, buntil mini lucu, rendang jengkol, ada bandeng isi cirebon en

rendang jengkol

ayam panggang merah, semuanye menggoda banget! Nasi Bakarnya boljug punya, nasi ame bumbu ala pepesan diisi teri kecil2 en potongan dendeng, unik enak anak unuk… lebay lagi dech. Sayang lupa nyocol sambelnye.
Mas karno dititipin pesen makanan ame bininye, salah satunya Bubur Candil. Setelah sempat beli Bubur Candil di salah satu tempat, baru inget kalau di Bopet Mini nyang kesohor entu bisa juga beli bubur candilnya. Jadi dah mas karno beli sebungkus lagi di Bopet Mini. Dari penampakannya aja udah beda banget, nyang di Bopet mini jauh lebih kental dan kinclong. Asal kagak ngelupain bubur kampiun nyang bikin ketagihan entu aja.
Mas karno juga beli berape bungkus nasi padang pesenan bininye. Oh istri tersayang… daku binun nech! Akhirnye diputusin bang wiskul nyang kagak tahan liat aneka lauk terhampar, beli juga teri balado seporsi, yang crunchy itu lho. Buat bini yayang dah! Disebelah Teri Balado Pete ini ada Ikan Bilih Lado Mudo nyang kemarin kurang sukses rasanye. Jangan sampe salah beli yeah.
Di Bopet mini sempet ngamatin aneka samba (lauk pauk) yang disediakan, ada Gulai Kepala Ikan nyang warnanye kuning cantik, ada gulai kacang panjang cubadak (nangka muda), gulai rebung, ayam lado mudo, pokoke aneka macam gulai serta samba laennye.
Selamat Beribadah Bulan Ramadhan!

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

2 Tanggapan to “Pasar Romadhon Benhil (1)”

  1. erick Says:

    setelah saya survey rasa masakan padang yang ada, saya menjatuhkan pilihan pada masakan padang bopetmini benhil, karena masakannya memiliki citarasa yg lezat dan membikin saya jadi ingin kembali membeli lauk pauk yang ada di bopetmini… bagi temen2 yg belum pernah nyoba… buruan deh… pasti juga kecanduan, karena masakan padang yang satu ini lain dari yg lain…. penasaran…. buruan cobain… hahaha

  2. Naip Says:

    Boljug jg kita coba merambah ke kawasan benhil.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: